Cari di Blog

Rabu, 08 Juni 2016

Cara Merawat Kulit Sensitif dari Ahli Dermatologi Renewme Skin Clinic

Blog ini juga adalah kontribusi dari Kepala Ahli Dermatologi di Renewme Skin Clinic cabang Hwagok.
Baca post aslinya disini.
 
 
Untuk anda semua dengan kulit sangat sensitif,
Saya mengerti penderitaan anda. Kulit saya juga sangat sensitif, sehingga saya tidak bisa mencoba foundation yang baru selama 10 tahun ini. Setiap saya mencoba hal yang baru, pasti kulit saya bermasalah atau menunjukkan reaksi alergi.

Kalau anda bertanya seberapa sensitif wajah saya; bahkan shampoo yang tidak sengaja jatuh ke wajah saya saja bisa menyebabkan break out! Saya juga pernah memakai body lotion baru yang saya terima sebagai hadiah, lalu badan saya jadi gatal-gatal. Scrub untuk wajah? Bermimpi memakai itu saja tidak bisa.

Sentuhan atau stimulasi sedikit di kulit saya akan membuat kulit saya jadi merah (dikenal juga sebagai dermographism). Untung saja tidak gatal-gatal, jadi saya tidak usah mengkonsumsi obat. Tapi tetap saja menyebabkan banyak ketidaknyamanan.

Contohnya kalau rantai dari tas saya menyentuh tangan, bagian itu akan jadi bengkak dan merah. Orang-orang suka bertanya ada apa dengan tangan saya. Saya sudah terbiasa dengan menjawab, "Sudah biasa begini kalau kulitku tergesek sesuatu." - tapi saya bisa merasakan bahwa mereka merasa kasihan melihat keadaan saya.
 
 
Saya juga alergi pada besi secara keseluruhan, jadi hanya bisa memakai perhiasan emas 14K. Tidak bisa juga dengan perhiasan yang lapisannya saja emas; karena kulit saya akan langsung sadar dan jadi gatal. Saya tidak bisa memakai jam tangan juga (akhir-akhri ini saya sedang mempertimbangkan untuk membeli jam tangan yang terbuat dari emas).
 
Saya tidak bisa memakai baju yang terbuat dari wol karena gesekannya, jadi saya harus memakai baju lain yang lebih halus di dalamnya. Badan saya juga tidak bisa mencerna alkohol jadi badan saya jadi murah merah dan gatal kalau minum alkohol.
 
Kulit saya juga biasa sangat kering saat musim dingin, jadi saya harus tetap menjaganya agar lembab. Kalau saya tidak langsung memakai moisturizer (pelembab) setelah mandi, kulitku akan langsung gatal-gatal.
 
Sebagai seorang Ahli Dermatologi, saya juga banyak menemukan orang-orang dengan kulit yang sensitif. Saya jadi bisa merawat mereka dengan lebih baik lagi karena saya tahu bagaimana rasanya. Saya juga bisa memberi petunjuk bagaimana merawat kulit yang sensitif:
 
- Pertama, kalau anda punya kulit yang sensitif, hindari bahan-bahan baru yang bisa membuat kulit iritasi.
 
- Jangan gonta ganti produk kosmetik atau skin care, cat rambut, atau mandi terlalu lama.
 
- Jangan scrub atau melakukan perawatan yang mengelupas kulit di rumah.
 
- Gunakan salep untuk jerawat dan krim pemutih dengan hati-hati.
 
- Usahakan untuk menghindari alkohol karena dapat menyebabkan gatal dan iritasi kulit.

- Mandi dengan air hangat dibawah 10 menit dan langsung pakai moisturizer (pelembab) di seluruh badan, apalagi waktu musim dingin.
 
- Hindari angin kencang atau pemanas yang bisa membuat kulit anda lebih kering.

Dan yang lebih penting - masalah kulit jarang bisa membaik dengan sendirinya, dan bahkan bisa memburuk kalau dibiarkan. Jadi pastikan anda langsung mengunjungi Ahli Dermatologi - ini adalah saran dari pengalaman saya sendiri dengan dermatitis.
 
Saya juga berusaha untuk menghindari konsumsi obat-obatan, tapi kadang keadaan saya memburuk dan saya jadi harus mengonsumsi obat lebih lama dari seharusnya. Tapi karena sekarang saya tahu gejalanya, jadi saya langsung minum obat kalau melihat gejala dermatitis. Saya juga menerima perawatan pemulihan seperti Omega Light di klinik kita. Biasanya kulit saya membaik satu dua hari setelahnya.
 
Saya selalu mengingatkan pasien bahwa; semakin lama keadaan itu sudah terjadi, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk merawatnya. Semoga anda bisa dengan lebih efeisien merawat kulit sensitif anda! 
 
 
WhatsApp: +82 10 9204 0075
Line: skin0075
Kakao Talk: renewmeskin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar